BLC TELKOM || KPLI KLATEN

Selasa, 19 Januari 2016

MENGHUBUNGKAN PC KE INTERNET MELALUI KONFIGURASI MIKROTIK (Routerboard)

Tidak ada komentar :
assalammu'alaikum,,

        alhamdulillah hari ini saya dapat menyelesaikan pekerjaan saya yang tertunda dari beberapa hari kemarin.
kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang konfigurasi pc ke-internet melalui mikrotik (RouterBoard).

perlengkapan yang perlu di siapkan untuk menyetting:
1. pc/laptop
2. kabel utp & Rj45 tipe stright
3. RouterBoard lengkap dengan power
4. kabel LAN yang menjadi sumber internet.

Mari mulai,
sambungkan laptop/pc dengan routerboard dengan menggunakan kabel UTP. kemudian sambungkan Routerboard dengan power.
setting IP PC. klik kanan pada gambar connect wifi. kemudian klik edit connection=>klik pada  "Ethernet"=>pilih ethernet connection=>edit=>pilih pada IPv4=> manual=> masukkan IP address, subnetmask, dan Gateway=>pada DNS server masukkan IP google (8.8.8.8) jangan lupa save.

.

 selanjutnya, kita buka aplikasi winbox.exe bisa lewat terminal, bisa lewat search kita ketikkan "winbox.exe" klik enter, lalu pilih winbox.exe klik 2x.
 maka akan muncul gambar seperti berikut,





dari gambar di atas, kita klik reconnect atau , connect.
apabila tidak dapat masuk pada router kita klik refresh. maka MAC address akan muncul, dan kita klik MAC address nya kemudian kita klik ulang pada connect. setelah masuk pada tampilan router maka tampilannya seperti berikut.
kemudian, kita klik pada menu system=>identity=>kemudian ganti nama Router mu agar mudah saat membedakan . apply dan ok.


setalah itu, klik menu Interfaces=>berikan keterangan satu per satu pada masing ether . Ether 1 untuk (Wan), Ether 2 untuk (LAN1), Ether 3 untuk (LAN2), Ether 4 (LAN3), Ether 5 untuk (Hotspot). lalu Wan kita klik lalu klik tanda "centang ".

 setelah selesai klik close, dan lanjutkan untuk langkah selanjutnya yaitu kita klik menu IP=>address=>klik tanda (+) untuk memberi IP pada ether1 sebagai sumber jaringan internet. pada address isikan IP-nya (192.168.13.2) , Interface pilih (ether1)=>lalu apply dan Ok.
lakukan sekali lagi untuk pemberian IP router , klik tanda (+)=>lalu isikan pada Address (192.168.88.1) harus masih satu network dengan IP PC, pada interface karena ini untuk router maka isikan (ether2)=>lalu Apply dan Ok.



 apabila pemberian IP sudah selesai, maka kita masih pada menu IP pilih DNS=>pada server kita beri IP google (8.8.8.8)=>jangan lupa untuk memberi tanda centang pada "Allow Remote.." =>Apply dan Ok.


dan masih pada menu IP=>pilih Routes=>pilih icon (+) setelah itu ganti Gateway dengan IP yang menjadi sumber internet (192.168.13.1)=>Apply dan Ok.



 dan langkah berikutnya adalah , pilih menu IP =>  firewall=> pada General kita atur "Chain"(srcnat)=>pada Out Interface (ether1) seperti pada gambar. jangan lupa pada Action pilih "masquerade" => Apply Dan Ok.





Setelah itu tahap terakhir adalah cek Konfigurasi
cek ping pada teminal router
- ping dari router ke IP pc (ping 192.168.88.2)
- ping dari router ke google (ping google.com)
Lalu ping dari terminal
- ping terminal ke IP router (ping 192.168.88.1)
- ping terminal ke google ( ping google.com)
jika berhasil maka hasilnya seperti di bawah ini :
gambar dari terminal di router


sekian yang dapat saya bagi untuk hari ini, semoga bermanfaat... :) dan semoga dalam memberikan petunjuk atau langkah-langkah di beri kebenaran dan bisa sedikit membantu masalah yang ada Amiin :)

wassalammu'alaikum....

Tidak ada komentar :

Popular Posts